11:20 pm - Wednesday April 23, 2014

Beberapa Kandidat Ketua ISOI Asal Makassar

Peserta pertemuan, Prof. Niartiningsih (Dewan Pakar ISOI), Dr. Abd Rasyid,M.Si, Sekjen ISOI Komda Makassar, Dr. Rijal Idrus, M.Sc (Ketua ISOI Komda Makassar)

Kegiatan pertemuan ilmiah prestisius bidang kelautan akan digelar di Makassar. Kegiatan itu adalah pertemuan yang diorganisasi oleh Ikatan Sarjana Oseanologi atau pemerhati Kelautan Indonesia yang akan digelar tanggal 25 hingga 27 September 2011 di Hotel Sahid Jaya. Mengingat waktu pelaksanaan yang tersisa sebulan lagi, maka tanggal 24 Agustus 2011 berlangsung rapat panitia persiapan “Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-8 dan Kongres ke-8, 2011 Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia ISOI” di Resto Sederhana, Tamalanrea, Makassar (Rabu, 24/08/2011)

***
Pertemuan dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan dihadiri beberapa anggota Dewan Pakar ISOI Komda Makassar seperti Prof Dadang A. Suriamihardja, Prof Niartiningsih dan belasan ahli kelautan dari Unhas lainnya.

ISOI adalah organisasi profesi yang didirikan tahun 1973, aktif menggalang kekuatan kepakaran, akademisi, praktisi, pelaku usaha, dan pemerhati masalah Kelautan untuk bersinergi dalam pemanfaatan sumberdaya laut. ISOI adalah pencetus terselenggaranya Konvensi Nasional Pembangunan Benua Maritim Indonesia tahun 1996 di Makassar.

Dr. Muhammad Lukman, ST, M.Sc dan Dr. Amir Hamzah, M.Sc (Foto: Kamaruddin Azis)

Terdapat tiga alumni Ilmu Kelautan Unhas yang masuk di kepanitian untuk pertemuan ini yaitu Prof. Dr.Iqbal Burhanuddin,ST,M.Sc (bidang media dan informasi), Dr. Muhammad Lukman, ST, M.Sc (Sekretaris Umum) dan Kamaruddin Azis,ST,MM (bidang media dan informasi).

Dr. Amiruddin Haddade, yang juga ketua panitia didampingi sekretaris Dr. Muhammad Lukman memaparkan update persiapan. Hadir pula ketua pengurus ISOI Makassar Dr. Rijal Idrus serta Sekjennya, Dr. Abd Rasyid dari FIKP Unhas. Selain membahas persiapan, dibahas pula rencana pemilihan ketua ISOI pasca berakhirnya kepengurusan Dr. Indroyono Soesilo.

Beberapa nama yang mencuat sebagai kandidat ketua periode berikutnya adalah Prof. Indrajaya (Dekan FIKP IPB), Dr. Safri Burhanuddin (Geologi Unhas), Prof. Jamaluddin Jompa (FIKP Unhas), Prof. Dietrich Bengen, Prof. Alex Retraubun (wakil Menteri Perindustrian), Dr. Zainal Arifin hingga Fadel Muhammad (Menteri KKP).

“Sepertinya, kandidat ketua ISOI didominasi ahli asal Makassar atau Sulawesi” kata salah seorang peserta pertemuan.

Para peserta pertemuan (Foto: Kamaruddin Azis)

Pertemuan ISOI diperkirakan akan dihadiri lebih 200 peserta dari berbagai bidang keilmuan termasuk para ahli Kelautan internasional seperti Amerika, Australia, Jepang dan beberapa institusi kelautan nasional dan internasional. Pertemuan ini akan menjadi momen strategis dalam berbagi pengalaman, hasil penelitian, data dan informasi atau inovasi di bidang kelautan.

Filed in: Kabar Kampus

No comments yet.

Leave a Reply